5 Langkah Sederhana Ini Bisa bantu Kamu Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Intrapersonal

5 Langkah Sederhana Ini Bisa bantu Kamu Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Intrapersonal

Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi dengan diri sendiri. Sering terjadi ketika individu dihadapkan pada sejumlah pilihan dan harus mengambil keputusan di saat yang sama.

Deddy Mulyana dalam buku Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (2010) menjelaskan komunikasi intrapersonal sebagai landasan bagi komunikasi interpersonal dan bentuk komunikasi lainnya. Dikatakan demikian, karena komunikasi intrapersonal akan dilakukan terlebih dahulu sebelum individu berkomunikasi dengan orang lain.

Sebagai contoh, individu akan melakukan persepsi dan memahami makna pesan yang disampaikan lawan bicaranya, sebelum menanggapi pesan tersebut.

Manfaat Komunikasi Intrapersonal untuk Kehidupan Sehari-hari


Memiliki kemampuan Komunikasi Intrapersonal yang baik memberikan beberapa manfaat nyata dalam kehidupan sehari-hari. Adapun manfaat itu antara lain:

Mengembangkan kreativitas dan imajinasi


Komunikasi intrapersonal berfungsi mengasosiasikan serta mengembangkan kreativitas dan imajinasi. Dikutip dari buku Supervisi Pendidikan (2021) karya Sulistyorini, dkk, Komunikasi yang terjalin dalam diri individu membantu seseorang lebih kreatif serta mengembangkan daya imajinasinya.

Melakukan kontrol diri


Komunikasi intrapersonal berfungsi untuk melakukan kontrol diri, khususnya dalam proses pengambilan keputusan.

Membuat Kita Menjadi Lebih Peka


Proses komunikasi yang terjadi dalam diri manusia membantu individu untuk peka terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan peka, individu menjadi lebih mudah dalam menangkap situasi di sekitarnya serta memikirkan bagaimana seharusnya dia bertindak dan berkomunikasi.

Menumbuhkan kesadaran diri


Dilansir dari jurnal Komunikasi Intrapersonal dalam Komunikasi Islam (2019) oleh Rahmiana, fungsi komunikasi intrapersonal adalah menumbuhkan kesadaran diri.
Lewat introspeksi diri, seseorang akan menyadari kualitas dirinya. Hal ini membantu proses pembentukan diri, termasuk ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Percaya diri & munculnya motivasi diri


Dengan melakukan komunikasi intrapersonal, kepercayaan diri seseorang bisa tumbuh dan berkembang. Begitu pula motivasi diri yang membantu manusia berusaha untuk mencapai tujuan dan sasarannya, termasuk ketika berkomunikasi. Fungsi komunikasi intrapersonal ini sangat membantu manusia untuk lebih percaya diri dalam meraih tujuan dan sasarannya lewat komunikasi.

Banyak sekali manfaatnya, bukan. Lalu, gimanasih cara meningkatkan kemampuan komunikasi intrapersonal kita? Ternyata caranya cukup mudah dan bisa kita lakukan setiap hari. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan komunikasi intrapersonal:

Langkah Sederhana Melatih Kemampuan Komunikasi Intrapersonal


  1. Self-reflection (Refleksi Diri): Sempatkan waktu untuk merenung dan memahami diri sendiri. Pertanyakan nilai-nilai, keyakinan, dan keinginanmu secara berkala. Hal ini juga bermanfaat untuk mendorongmu terus berusaha maksimal mengejar mimpi dan mencapai tujuan.
  2. Journaling (Menulis Jurnal): Menulis jurnal secara teratur dapat membantu Kamu menjernihkan pikiran, memproses emosi, dan mengidentifikasi pola perilaku. Menemukan kebiasan mana yang berdampak buruk dan menggantinya (secara perlahan) dengan kebiasaan lain yang lebih baik.
  3. Meditasi dan Mindfulness: Praktik meditasi dan kesadaran dapat membantu meningkatkan koneksi dengan diri sendiri, mengurangi stres, dan meningkatkan fokus.
  4. Goal Setting (Menetapkan Tujuan): Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk diri sendiri. Ini dapat membantumu tetap fokus dan termotivasi.
  5. Self-Awareness (Kesadaran Diri): Tingkatkan kesadaran tentang emosi, kekuatan, dan kelemahan Anda. Ini membantu Anda dalam mengelola diri sendiri dan berinteraksi dengan orang lain.

Kesimpulan


Kemampuan komunikasi intrapersonal memiliki banyak manfaat nyata untuk kehidupan sehari-hari. Dengan memperkuat komunikasi intrapersonal, Kamu tidak hanya meningkatkan kualitas hidup pribadi tetapi juga kemungkinan kesuksesan dalam karier dan hubungan interpersonal. (*)

_______________
Sumber gambar:
Photo by Alejandro Piñero Amerio on Unsplash

0 Komentar

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.