Panduan Lengkap Jualan Desain di Freepik, Cuan Ratusan Dollar Tiap Bulan!

Panduan Lengkap Jualan Desain di Freepik

Trend digitalisasi pasca pandemi membawa banyak cara baru dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah memperoleh penghasilan melalui internet. Bagi kalian yang memiliki keinginan dan kemampuan dalam dunia kreatif, microstock bisa menjadi opsi untuk mendapat cuan tambahan dari internet.

Apa itu Microstock?


Istilah microstock mulai dikenal di tahun 2003. Microstock merupakan wadah bagi para pelaku industri kreatif untuk memasarkan dan menjual hasil karya mereka di internet sehingga dapat dijangkau di seluruh dunia.

Microstock memberlakukan sistem royalti, yakni para designer, fotografer dan pelaku industri akan mendapatkan sejumlah pembayaran dari pembelian ataupun saat penggunaan karya mereka.

Jika kamu mempunyai hobi atau passion dalam industri kreatif, microstock bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghasilkan penghasilan dengan cara yang cukup mudah. Sebuah karya kreatif digital yang tak memiliki wujud nyata dan hanya berbentuk file softcopy saja dapat memudahkan para pekerja kreatif untuk menjual karyanya ke seluruh belahan dunia sehingga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Bagaimana Situs Microstock Bekerja?


Cara kerja microstock cukup sederhana. Fotografer atau desainer grafis mengunggah karya mereka ke platform microstock, kemudian platform tersebut memasarkannya kepada para pembeli potensial.

Ketika ada pembeli yang membeli atau mengunduh karya tersebut, fotografer atau desainer akan menerima sebagian keuntungan dari penjualan tersebut. Pendapatan yang dihasilkan dapat bervariasi, tergantung pada tingkat popularitas karya dan platform yang digunakan.

Kelebihan dan Tantangan


Microstock menawarkan beberapa kelebihan seperti mendapatkan pelanggan dari seluruh dunia dan bisa bebas berkreasi dengan segala ide yang dimiliki. Selain itu, penjualan foto model di microstock banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mempromosikan brand atau produk mereka tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan membuang waktu untuk foto model.

Disamping itu, ada beberapa tantangan yang dilalui saat melakukan penjualan fotonya, seperti persaingan global dan kejenuhan. Meskipun pelanggannya dari seluruh dunia, persaingan penjualan foto juga dari fotografer seluruh dunia.

Dari sekian banyak situs microstock yang ada, freepik adalah salah satu situs dengan traffic besar dan banyak digunakan baik oleh individu, profesional, dan enterprise dari seluruh dunia. Situs ini adalah opsi terbaik bagi kamu yang hendak mendalami dunia microstock dan meraup cuan darinya.

Kenapa Jualan Karya di Freepik


Jika Kamu seorang desainer atau fotografer yang terampil, kamu bisa menghasilkan cuan dengan Freepik. Menjadi kontributor dan menghasilkan rupiah dari setiap karyamu yang didownload oleh pengguna dari seluruh dunia.

Tapi, kenapa menjadi kontributor Freepik atau Flaticon (Anak perusahaan Freepik) ? Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus memilih Freepik sebagai situs microstock pilihan.

1. Visibilitas dan Trafik yang Besar dari Seluruh Dunia


Freepik dan Flaticon memiliki pengguna dari seluruh dunia, yang berarti dengan mengunggah konten ke platform tersebut, kamu dapat menjangkau lebih banyak orang dibandingkan hanya melakukannya sendiri.

Berdasarkan laporan resmi dari Freepik, setiap bulan terdapat lebih dari 32 juta pengguna mengunjungi Freepik dan Flaticon. Dalam kurun waktu tersebut, Freepik juga mencatatkan sekitar 1200 juta unduhan. Angka yang cukup fantastis, bukan. Selain itu, konten kontributor mendapat hampir 50% unduhan dari jumlah total.

Dengan kata lain, jutaan pengguna sedang menunggu karya terbaikmu!

2. Kesempatan Monetisasi Bakat yang Besar!


Menjadi kontributor freepik artinya memaksimalkan keterampilan sekaligus mendapatkan uang secara pasif .

Pasif = mudah = di rumah atau dimanapun kamu berada = tanpa tenggat waktu atau klien


Yang harus kamu lakukan hanyalah mendaftar sebagai kontributor Freepik (foto, vektor, file PSD) atau Flaticon (ikon), unggah sumber daya kreatifmu, tunggu hingga diunduh, dan dapatkan cuan!

Kontributor dibayar tergantung pada unduhan konten mereka, yang dikenal sebagai metode bayar per unduhan. Jadi, semakin banyak download yang kamu terima, semakin besar juga keuntungan yang kamu dapatkan.

3. Proses Upload yang Mudah Sekali


Setelah menjadi kontributor, kamu akan memiliki panel kontributor sendiri, tempat kamu dapat mengirimkan konten dan menyiapkannya untuk dipublikasikan.

Kamu dapat menambahkan tag dan judul langsung dari panel, serta melacak status sumber daya dan unduhan yang kamu dapatkan. kamu juga dapat mengontrol berapa banyak penghasilan kamu – semuanya di satu tempat.

4. Penghasilan yang Fleksibel


Penghasilan yang Fleksibel di Freepik

Salah satu keuntungan terbesar kontributor Freepik adalah fleksibilitas . kamu dapat bekerja dari mana saja di dunia, selama kamu memiliki akses internet. Kamu dapat bekerja sesuai dengan ritme sendiri dan tidak perlu takut dengan tuntutan dari atasan ataupun perusahaan. Kamu bekerja untuk diri sendiri.

Bagaimana Cara Jualan Microstock di Freepik?



Langkah menjadi kontributor di Freepik sangatlah mudah. Untuk pendaftaran, kamu cukup perlu menyiapkan email dan 10 karya terbaik yang akan diunggah. 10 karya itu kemudian akan dikurasi dan dinilai oleh tim untuk kemudian dinyatakan layak atau tidak dipublikasikan di Freepik.

Tertarik untuk mendaftar di Freepik? Silahkan kunjungi tautan berikut untuk mempelajari lebih lanjut syarat dan ketentuan bagi para kontributor.


Bagaimana Memaksimalkan Penjualan Digital Asset di Freepik?



Setelah menjadi kontributor, apa sih yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa penjualan microstock kita? Tenang, langkahnya cukup mudah dan bisa kita semua lakukan, kok. Apa saja? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Meningkatkan Kualitas Karya dan Stock Images


Semakin banyak karya, semakin baik pula karya kita. Jadi, teruslah meningkatkan kualitas karya kita. Karya yang cakep akan membuat lebih banyak orang tertarik dengan karya kita.

Mengikuti Demand dan Trend Pasar


Ratusan atau bahkan ribuan karya tidak akan menjamin penjualan microstock kita tinggi jika karya yang kita publikasikan tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Apa yang bisa dilakukan? Ikutilah demand dan trend pasar dengan tetap menghadirkan ciri khas dan hal yang membuat karyamu berbeda dengan karya lain. Jangan takut untuk tampil berbeda.

Satu hal untuk dicatat, meskipun kalian mengikuti trend dan demand dari pasar. Usahakanlah untuk tetap konsisten dengan style dan gaya kalian masing-masing. Hal itu akan menjadi distinguisher yang membuat karya kalian stand out dan mudah ditemukan. 

Semakin mudah ditemukan, semakin mudah pula karya kalian didownload oleh jutaan pengguna freepik setiap bulannya. 

Manfaatkan Fitur Festivities Calender


Festivities Calender by Freepik

Festivities Calender
adalah fitur milik Freepik yang memudahkan para creator mencari ide untuk desain dan aset-asetnya. Fitur Festivities Calender bisa ditemukan di pojok kanan atas bagian Dashboard. Cukup sekali klik kalian akan diarahkan menuju tab baru berisi kalender tahunan event dan liburan di seluruh dunia.   

Visual Trend by Freepik


Lagi Stuck dan bingung mau bikin karya apa? Coba manfaatkan fitur Visual Trend by Freepik di bagian navbar kiri akun kontributor kalian. Nantinya kalian akan diarahkan menuju laman visual trend berisi kompilasi dari berbagai karya dan style yang booming. Tentu, style-style tersebut telah melalui kurasi oleh tim ahli dari Freepik. 

Cari Teman untuk Nyetock!


Carilah teman untuk nyetock bareng. Bisa teman dengan minat dan passion yang sama atau bisa juga pasanganmu. Percayalah, berkeja sendirian itu melelahkan. Lakukanlah berdua dengan siapapun yang kamu percayai. Selain menjadi lebih seru, kamu akan semakin bersemangat nyetock karena ada teman yang menyemangati di sampingmu!

__________

*) Updated on: 28 July 2024

2 Komentar

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.